belajar hingga kehabisan harta tidak pula habis ilmu ditimba.....Ilmu dan kepandaian itu adalah sahabat yang setia dalam hidup sampai kepada penghabisan umur.....

Tuesday, July 19, 2011

20/07/2011 : secure data from unauthorised user

Encryption

encryption adalah proses yang dilakukan untuk mengubah sebuah text yang boleh dibaca (yang disebut plaintext) menjadi text yang tidak dapat difahami/dibaca (disebut ciphertext).

Encryption ada 4

1. Symmetric encryption Menggunakan kunci (key) yang sama untuk proses enkripsi dan dekripsi. Data yang dienkripsi hanya dapat merubah data ke dalam bentuk asalnya dengan menggunakan key yang sama. Bentuk blok diagram simetrik seperti dibawah:


Contoh Symmetric encryption

DES(Data Encryption Standard ) merupakan algoritma kriptografi symetric yang umum digunakan ketika ini, enkrip pada unix juga menggunakan DES, DES merupakan block cipher yang beroperasi dengan blok berukuran 64-bit dan kata kunci berukuran 56-bit.

Advanced Encryption Standard (AES) merupakan sebuah teknik symmetric key cipher yang digunakan untuk melindungi dan mengenkrip sistem operasi, hard disk, sistem jaringan, file, email, dan data. Setiap cipher memiliki ukuran blok 128-bit dengan tiga ukuran kunci berbeza.

2.Asymmetric encryption Menggunakan kunci (key) yang berbeza untuk proses enkripsi dan dekripsi. Ia dikenali sebagai private key dan public key. Pengirim menggunakan private key untuk enkrip data dan penerima dekrip data menggunakan public key. Bentuk blok diagram asimetrik seperti dibawah:


Contoh Assymmetric encryption

RSA adalah sebuah algoritma pada encryption public key.

3. Hashing encryption adalah fubgsi hash yang memiliki beberapa sifat keselamatan tambahan sehingga dapat diguna untuk tujuan keselamatan data.Fungsi hash adalah fungsi yang mengubah string input yang pendek menjadi panjang disebut nilai hash yang tidak difahami.

Contoh hashing encryption seperti berikut :

Base64 :- adalah sebuah enkrip data ke dalam format ASCII. Umumnya digunakan pada berbagai aplikasi, seperti e-mail via MIME, data XML, atau untuk keperluan encoding URL.


MD5 :-adalah algoritma yang umum yang digunakan untuk enkrip password dan menyimpannya dalam sistem elektronikemeriksaan password yang dimasukkan oleh pengguna.


4. Hybrid encryption menggabungkan konsep simetri dan asimetrik dengan menggunakan key random, data dienkrip menggunakan kaedah simetrik. Key random diguna untuk proses enkrip data juga dienkrip, tetapi menggunakan cara asimetrik dengan menggunakan public key dari sipenerima. Ciphertext yang dihasilkan masing-masing digabungkan dan dikirimkan ke penerima. Sipenerima akan membuka Ciphertext untuk key word dengan menggunakan private key yang dimilikinya. Bentuk blok diagram kaedah ini seperti rajah dibawah:

rajah encrypt

rajah decrypt

Contoh encryption lain

Idea
Cipher International Data Encryption Algorithm (IDEA) adalah algoritma enkripsi blok kunci yang selamat dan rahsia.

Blowfish
Blowfish adalah algoritma kriptografi yang menggunakan blok cipher 64-bit yang memiliki sebuah kunci yang panjangnya variabel. Algoritma ini diciptakan oleh Bruce Schenier, seorang president dari Counterpane System,. Berdasarkan kunci yang digunakan algoritma ini termasuk dalam algoritma konvensional / private key algorithm yang sering disebut dengan sistem simetris. Algoritma Blowfish dirancang untuk membaca berita blok data atau plaintext sebesar 64 bit / 8 byte.

RC5
RC5 mempunyai rekabentuk yang ringkas dan senang untuk diimplementasikan.Ia cepat kerana menggunakan algoritma yang ringkas berorientasikan perkataan.

Contoh Software

1. Universal Shield
2. SensiGuard
3. AutoKrypt

No comments:

Post a Comment